Kelebihan dan Kelemahan Bisnis Pengiriman Barang

Anda tertarik dengan bisnis jasa pengiriman barang? Sangat wajar bila jawaban Anda adalah YA. Sebab, prospek bisnis ini kian hari kian cemerlang. Apalagi dengan makin merebaknya bisnis online, kebutuhan pengiriman barang menjadi semakin meningkat dengan signifikan.

Jasa pengiriman REX adalah salah satu perusahaan yang mempunyai reputasi baik dalam memberikan layanan pengiriman barang. Untuk itu, usaha yang mereka lakukan tidaklah mudah. Banyak hambatan dan rintangan hingga saat ini mereka menjadi perusahaan yang cukup sukses dan mampu bersaing dengan perusahaan sejenis yang lebih besar.

Walaupun terkesan mudah dalam menjalankan bisnis ini, ada beberapa kelebihan dan kelemahan yang perlu Anda ketahui dalam pelaksanaannya. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan yang seringkali dijumpai pada bisnis jasa pengiriman barang :

Kelebihan bisnis jasa pengiriman barang :


  1. Modal usaha awal tidaklah besar. Sebab sarana utama yang berupa alat transportasi yang dibutuhkan bisa diperoleh dengan cara menyewa alat transportasi (baik truk atau mobil pick-up).
  2. Jangkauan pasar yang luas. Apalagi dengan adanya jaringan internet, makin membantu pemasaran bisnis jasa pengiriman yang dijalankan, sehingga mencakup area yang luas bahkan hingga ke manca negara.
  3. Layanan yang diberikan tergolong cukup mudah, karena hanya mengantarkan barang kiriman hingga sampai ke tujuan. Layanan akan makin terbantu dengan beragam fasilitas seperti website, jaringan internet dan media sosial.

Adapun kelemahan bisnis jasa pengiriman barang diantaranya yaitu :


  1. Semakin banyak orang yang berminat membuka bisnis yang sama, sehingga makin memperketat persaingan bisnis. Hal ini terkait dengan kelebihan yang telah disebutkan sebelumnya, yang menunjukkan bahwa bisnis ini mudah dilakukan oleh siapa saja.
  2. Ketidakjelasan alamat penerima yang biasanya adalah bukan sang pemilik rumah, sehingga seringkali membingungkan petugas pengantar barang.
  3. Rentan mendapatkan komplain apabila kurang berhati-hati saat mengirimkan barang sehingga berakibat salah kirim, barang rusak, cacat atau hilang. 
  4. Terkait transportasi, makin naiknya harga bahan bakar seringkali tak dapat langsung diimbangi dengan tarif atau ongkos pengiriman. 
  5. Faktor cuaca dan jarak pengiriman yang mungkin hingga di luar daerah, serta kurangnya jaringan agen seringkali menyebabkan permasalahan dalam pengiriman barang.

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan dalam bisnis pengiriman barang. Dengan mengetahuinya, maka cukup pertimbangan bagi Anda untuk memikirkan langkah terbaik saat memutuskan terjun dalam bisnis jasa pengiriman barang tersebut.

Komentar